Alquran Kemenag Versi Web Sudah Tersedia, Silakan Mencoba

 

TAFSIR-QURAN.COM–Kepala Seksi Pengkajian Al-Quran Lajnah Penstashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Zarkasi, mengatakan aplikasi Alquran Kementerian Agama versi web sudah dapat diakses mulai Jumat, 20 Januari 2017. Aplikasi Alquran Kemenag versi website ini bisa diakses di http://quran.kemenag.go.id.

“Konten dalam versi Android, seperti teks ayat, terjemah, tafsir, pencarian kata, murattal dan fasilitas sharing, dapat dinikmati juga pada versi web yang baru diluncurkan ini,” kata Zarkasi.
 

Baca juga: QS. Maryam [19]: Ayat 96; Syarat Menjadi Manusia Rahmatan Lil Alamin
Baca juga: QS. Al-Anbiya’ [21]: Ayat 105; Masa Depan Dunia Dan Pelaku Sejarah Masyarakat
Baca juga: QS. Al Imran [3]: Ayat 169; Jihad Dan Syahid, Dua Ajaran Unik Dan Istimewa
Baca juga: QS. Al-Mursalat [77]: Ayat 15; Dari Membohongi Diri Sendiri Sampai Membohongi Allah
 

Zarkasi menjelaskan, laman web Alquran Kemenag melengkapi aplikasi Quran Kemenag versi Android yang dirilis sebelumnya. Menurut Zarkasi, layanan baru Quran Kemenag versi web memiliki perbedaan dengan versi Android yaitu adanya fasilitas font Mushaf Al Quran standar.

Pada versi website, Zarkasi melanjutkan, tersedia font yang dapat digunakan para penerbit buku, akademisi, peneliti dan masyarakat yang hendak menulis ayat Alquran sesuai standar Kementerian Agama. “Font yang tersedia dalam aplikasi ini telah memenuhi standar Rasm Usmani yang disepakati para ulama Alquran,” kata dia.

Dalam versi web, kata Zarkasi, pengguna dapat mendowload font mushaf standar terlebih dahulu untuk kemudian memasangnya pada komputer pribadi agar dapat membaca font tersebut. “Kami menyadari bahwa penggunaan font ini masih memerlukan langkah penyederhanaan agar pengguna semakin mudah dan nyaman,” katanya.
 

Baca juga: QS. Al Imran [3]: 118; Seni Rahasia Dalam Politik Dan Hukum-Hukum Musuh
Baca juga: Antara Abu Bakar Dan Siti Fatimah; Perdebatan Pertama Yang Dimenangkan Perempuan Terkait Alquran
Baca juga: Tafsir Lengkap Surah Al-Ikhlas: Gradasi Dan Konsekuensi Filosofis Serta Sosial-Politik Memurnikan Asas Tauhid
 

Zarkasi berharap aplikasi Alquran Kemenag baik versi web maupun adroid dapat mempermudah akses umat Islam terhadap Al Quran baik saat di rumah, kantor bahkan dalam perjalanan. Untuk memperluas akses tersebut, LPMQ juga akan merilis aplikasi Alquran Kemenag versi IOS bagi pengguna Apple pada akhir Januari 2017.

LPMQ, kata Zarkasi, juga segera meluncurkan layanan berbasis daring sebagai sarana publik untuk memberikan saran dan masukkan atas terbitan Kementerian Agama, khususnya terkait terjemahan Alquran. Saran dan masukan publik penting karena menindaklanjuti rekomendasi Mukernas Ulama Alquran tahun 2015 di Bandung.
 

Baca juga: Telah Terbit: Tafsir Imam Ghazali
Baca juga: Segera Unduh Terjemahan Lengkap 30 Juz Tafsir Ibnu Katsir!
Baca juga: Allamah Thabathaba’i: Pelopor Tafsir Al-Quran Bi Al-Quran
Baca juga: Imam Jalaluddin Al-Suyuthi; Mufasir Konsisten Di Atas Penguasa
 

Saat ini, Zarkasi menambahlkan, sejak 2016 LPMQ mengadakan kajian penyempurnaan Alquran. “Upaya penyempurnaan terjemahan Alquran terbitan Kementerian Agama terakhir kali dilakukan pada tahun 2002,” kata Zarkasi.

LPMQ terus berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang kitab suci umat Islam. Selain menerbitkan hasil kajian tafsir, LPMQ juga menyediakan mushaf, baik cetak maupun digital [tempo.co].
 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.