Edisi Ringkas Tafsir Al-Mīzān dan Buku Peta Pencarian Tema-tema Al-Mīzān, segera Unduh!

 

QURANIKA.COM–Siapa yang tak kenal tafsir ini, kitab tafsir yang kaya telaah interdisipliner. Di tanah air, tafsir Al-Mīzān sudah sangat popular. Bahkan di kalangan mufasir Indonenesia, karya Muhammad Hussein Thabathaba’i ini menjadi salah satu referensi utama. Setidaknya ini dapat dijumpai dalam tafsir Al-Mishbah karya Prof. Dr. Quraish Shihab.

Bagi peneliti tafsir, tafsir Al-Mīzān sangat relevan. Tapi karena berjilid-jilid, ketebalan ini juga agak menyulitkan dalam menghimpun pandangan penulisnya terkait suatu tema secara relatif komprehensif. Untuk itu, digagaslah ide meringkas karya ini oleh murid penulis sendiri, Ilyas Kalantari, dan kini terbit dalam 6 jilid dari yang asalnya 20 jilid dengan judul Mukhtashar Al-Mīzān fī Tafsīr Al-Qur’ān (Ringkasan Neraca dalam Tafsir Alquran).
 

Baca juga: Tafsir Sekularisme (1): Ayat-Ayat Yang Diklaim Mendukung Sekularisme
Baca juga: Tafsir Jihad Dan Perang (1): Surah Perang (Al-Qitāl)
Baca juga: QS. Qaf [50]: Ayat 18; Diam Atau Berkata Baik
 

Ide meringkas ini mula-mula dikemukakan Kalantari kepada penulis tafsir dan mendapat sambutan besar. Namun, sebelumnya ia telah menyusun satu buku sejenis peta daftar pencarian tema-tema dalam tafsir Al-Mīzān yang sangat memfasilitasi peneliti dalam mengidentifikasi tema-tema yang diperlukan dari tafsir tersebut. Buku peta ini diberi judul Dalīl Al-Mīzān fī Tafsīr Al-Qur’ān.

Edisi asli lengkap tafsir Al-Mīzān sendiri dapat diunduh di sini. Adapun dua buku: ringkasan tafsir Al-Mīzān dan buku pencarian tema, dapat diunduh dari link-link berikut ini:

Mukhtashar Al-Mīzān:
Link-01
Link-02

Dalīl Al-Mīzān:
Link-01
Link-02
 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.