Unduh “al-Tafsir wa al-Mufassirun”, Karya Magnum Opus al-Dzahabi

 

TAFSIR-QURAN.COM—Tafsir dan Para Mufasir (al-Tafsir wa al-Mufasirun) merupakan karya Dr. Muhammad al-Sayyid Husain al-Dzahabi. Ia seorang ulama yang pernah menjawat sebagai menteri wakaf di Mesir sebelum wafat pada tahun 1398 H.

Kitab al-Tafsir wa al-Mufassirun merupakan buku pertama dalam bidang Ulumul Quran yang membahas secara khusus dan lengkap metode para mufassir. Ia memuat kajian atas metode kitab-kitab tafsir yang belum dicetak ketika itu. Kitab ini merupakan disertasi yang diajukan penulis pada tahun 1365 H atau 1946 M di Fakultas Ushuluddin di Universitas al-Azhar.
 

Baca juga: Ibnu Jarir Al-Thabari: Mufasir Generasi Pelopor Dari Persia
Baca juga: Imam Jalaluddin Al-Suyuthi; Mufasir Konsisten Di Atas Penguasa
Baca juga: Mufassir Perempuan (2): Banu Mujtahidah Isfahani Dari Persia
 

Kitab ini kemudian dicetak dalam dua jilid semasa hayat penulis. Kemudian selepas wafatnya, satu jilid lagi telah diterbitkan dengan judul yang sama sebagai jilid ketiga. Jilid yang ketiga ini telah disusun dan diedit kembali oleh seorang muridnya berdasarkan beberapa tulisan beliau yang ditemukan selepas wafatnya. Kandungan jilid ketiga memuat beberapa catatan khusus al-Dzahabi mengenai tafsir-tafsir mazhab Syiah. Ulasan seputar buku ini dapat diklik di sini. Selengkap dan seutuhnya dapat segera mengunduh buku berbahasa Arab ini di link-link berikut ini:

Link-01
Link-02
Link-03
Link-04
Link-05
Link-06

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.