Unduh Tafsir Abed al-Jabiri! “Fahm al-Qur’ān al-Karīm”, Tafsir Berdasarkan Kronologi Penurunan Surah

 

TAFSIR-QURAN.COM–Umumnya, Muhammad Abed al-Jabiri dikenal sebagai pemikir Arab asal Maroko. Pemikiran dan karyanya dikenal luas di negara-negara Arab dan dunia Islam, termasuk di Indonesia, karena karakternya tampak pada kekuatan kritiknya terhadap nalar Arab dan Islam. Tapi, tahukah Anda kalau dia menulis tafsir? Ya, sudah lama Al-Jabiri menulis tafsir dalam tiga jilid berjudul “Fahm al-Qur’ān al-Karīm” (Memahami Alquran Yang Bijaksana), dan terbit persis dua tahun sebelum ia meninggal dunia (3 Mei 2010).
 

Baca juga: QS. Al-Dhaha [93]: Ayat 7; Nabi Sesat (1): Antara Tidak Tahu, Bingung Dan Lengah
Baca juga: QS. Nur [24]: Ayat 35; Wahdatul Wujud (3): Sudah Ada Di Awal Al-Fatihah
Baca juga: QS. Al-Nur [24]: Ayat 35; Wahdatul Wujud (2): Makhluk Itu Ada Atau Tidak?
Baca juga: QS. Al-Nur [24]: Ayat 35: Wahdatul Wujud (1); Kafir Atau Tidak?
 

Seperti yang terbaca dari anak judulnya, tafsir ini disusun berdasarkan urutan kronologis penurunan Alquran surah per surah. Dicetak pertama kali di negara kelahirannya oleh al-Dar al-Baydha pada 2008, al-Jabiri menghabiskan dua jilid pertama untuk menafsirkan surah-surah Makkiyyah dan satu jilid terakhir untuk surah-surah Madaniyyah. Dalam menafsirkan setiap surah, ia membagi uraiannya pada tiga kategori: prolog pendahuluan, analisis dan epilog penutup.
 

Baca juga: Tafsir Imam Syafi’i; Kitab Tafsir Terlengkap, Segera Unduh!
Baca juga: Telah Terbit: Tafsir Imam Ghazali
 

Yang unik, urutan surah-surah dalam pandangan al-Jabiri berbeda dengan urutan mushaf versi Al-Azhar. Pada umumnya, surah-surah Makkiyyah diidentifikasi berdasarkan penurunannya sebelum hijrah Nabi SAW. Sebaliknya, surah-surah yang turun setelah hijrah beliau digolongkan sebagai surah Madaniyyah. Akan halnya Al-Jabiri menempuh cara lain. Dalam tafsirnya, ragam mushaf, asbab nuzul, redaksi ayat-ayat, metode retorika ayat, termasuk juga riwayat dan pola audiensi ayat, merupakan unsur-unsur yang dilibatkan dalam mengidentifikasi status suatu surah sebagai Makkiyyah ataukah Madaniyyah.

Selengkapnya, silakan unduh di link-link berikut ini:

Fahm al-Qur’ān al-Karīm-01
Fahm al-Qur’ān al-Karīm-02
Fahm al-Qur’ān al-Karīm-03
 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.