Kursus Edukasi Hukum-hukum Tilawah dan Tajwid

 

TAFSIR-QURAN.COM – Kursus edukasi hukum-hukum tilawah dan tajwid Al-Quran diselenggarakan oleh  Noor al-Zahra ke-15 di haram suci Abul Fadhl Abbas di Karbala al-Mu’alla. Menurut laporan IQNA, seperti dikutip dari situs cannel global al-Kafeel, kursus Al-Quran ini diselenggarakan selama satu bulan di Karbala al-Mu’alla, dengan prakarsa lembaga Al-Quran yang berafiliasi dengan divisi urusan ma’arif insani dan Islami makam suci Abul Fadhl Abbas ra. dan para staf makam suci dan sejumlah tokoh-tokoh religi hadir dalam acara tersebut.

Menurut laporan, pelajaran teoritis dan praktis dalam bidang hukum-hukum tilawah dan tajwid, suara dan edukasi tilawah sahih surat-surat pendek Al-Quran diketengahkan untuk para partisipan kursus tersebut.

Ustad ‘Alauddin Hamud al-Hemyari, pengawas kursus edukasi hukum-hukum tilawah dan tajwid Al-Quran Noor al-Zahra ke-15 mengatakan, tujuan penyelenggaraan kurus ini adalah edukasi hukum-hukum tilawah sahih, metode pelafazan makharijul huruf (tempat keluarnya huruf), sifat dan hukum-hukum huruf tersebut dan dalam edukasi makharijul huruf dan hukum-hukum tajwid kepada para partisipan dalam kursus tersebut menggunakan buku Mursyid al-Mu’allim (bimbingan guru) dari penerbit Markas Ulumul Quran dan Tafsir yang berafiliasi dengan makam suci Abbas ra.

Dia menegaskan, kursus Al-Quran ini diselenggarakan selama satu bulan dan sebagian para partisipan menguasai hukum-hukum tilawah dan bacaan sahih dan demikian juga termasuk prestasi kursus ini adalah identifikasi potensi dan kemampuan baru Qurani, dimana mereka setelah partisipasi dalam program Qurani singkat ini, mereka akan difungsikan untuk mengajar Al-Quran kursus-kursus edukasi Al-Quran musim panas dan tarbiah generasi Qurani.

Disebutkan, penyelenggaraan kursus Qurani ini termasuk salah satu stategi edukasi lembaga Al-Quran makam suci Abbas, yang dilaksanakan dengan tujuan pengembangan kemampuan para partisipan dalam bidang hafalan, tilawah, tafsir dan tarbiah para mubalig Qurani.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.