Unduh “Al-Burhan fi ‘Ulum Al-Qur’an”, Karya Al-Zarkasyi

 

TAFSIR-QURAN.COM–Karya penting lain dan referensi utama dalam bidang Ulumul Quran ialah Al-Burhan fi ‘Ulum Al-Qur’an, satu dari 32 karya al-Zarkasyi. Penulis salah satu ulama abad ke-8 H. Ia lahir di Kairo pada tahun 745 H dengan nama lengkap Badaruddin Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah bin Bahadur bin Abdullah Al-Minhaji al-Zarkasyi di keluarga muslim berdarah Turki. Dalam hukum, ia bermadzhab Syafi’iyah dalam hukum dan Asy’aiyyah dalam akidah. Al-Zarkasyi wafat di Mesir pada 3 Rajab 794 H di usia yang belum genap 50 tahun.
 

Baca juga: Ibnu Jarir Al-Thabari: Mufasir Generasi Pelopor Dari Persia
Baca juga: Imam Jalaluddin Al-Suyuthi; Mufasir Konsisten Di Atas Penguasa
Baca juga: Mufassir Perempuan (2): Banu Mujtahidah Isfahani Dari Persia
 

Al-Zarkasyi menghimpun berbagai ilmu Alquran dalam satu karya seperti: asbab al-nuzul, munasabat [koherensi] antarayat, bacaan-bacaan Alquran, ketunajelasan Alquran, kerancuan Alquran, mukjizat Alquran, nasikh dan mansukh, dan 40 bab lainnya, dilengkapi dengan referensi dan bibliografi dari para pakar ilmu.

Al-Burhan merupakan salah satu buku yang tergolong klasik dan fundamental dalam mengembangan Ulumul Quran. Bagi para mahasiswa dan peneliti, tentu buku ini menjadi salah satu referensi primer di samping Al-Itqan karya Imam Suyuthi. Beberapa link di bawah ini telah tersedia untuk download:

Link-01
Link-02
Link-03
Link-04
Link-05

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.