Unduh Tafsir Jalalain; Buku Wajib Tafsir Paling Ringkas

 

TAFSIR-QURAN.COM–Kalau Anda mencari tafsir paling ringkas, Tafsīr al-Jalālayn inilah bukunya, satu jilid saja. Secara harfiah, judul tafsir ini berarti “tafsir dua Jalal”; yang awalnya disusun oleh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459, kemudian dilanjutkan oleh muridnya, Jalaluddin al-Suyuthi, pada tahun 1505. Kesamaan nama guru dan murid inilah yang lantas mengatasnamakan karya kolektif ilmiah mereka.
 

Baca juga: Segera Unduh Terjemahan Lengkap 30 Juz Tafsir Ibnu Katsir!
Baca juga: Allamah Thabathaba’i: Pelopor Tafsir Al-Quran Bi Al-Quran
Baca juga: Imam Jalaluddin Al-Suyuthi; Mufasir Konsisten Di Atas Penguasa
Baca juga: Mufassir Perempuan (2): Banu Mujtahidah Isfahani Dari Persia
 

Kitab tafsir ini termasuk salah satu kitab tafsir yang populer, umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan, termasuk di kalangan para ulama dimana sebagian mereka bahkan membubuhkan syarah dan catatan pinggir (hasyiyah). Di mancanegara, Tafsīr al-Jalālayn telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Jalaludin al-Mahalli mengawali penulisan tafsir sejak dari awal surah Al-Kahfi sampai dengan akhir surah Al-Nas [1], setelah itu ia menyempurnakan tafsirnya dari surah Al-Fatihah sampai selesai, namun wafat sebelum sempat memulai. Jalaluddin al-Suyuthi kemudian melanjutkannya, dan memulai dari surah Al-Baqarah sampai dengan surah Al-Isra’, kemudian ia meletakkan tafsir surah Al-Fatihah pada bagian akhir urutan tafsir dari Al-Mahalli yang sebelumnya. Namun, masih terdapat perbedaan pendapat mengenai kadar kerja masing-masing penafsir tersebut.[2]

Tafsīr al-Jalālayn juga relevan bagi para pemula. Di banyak tempat kajian ilmu-ilmu keislaman di tanah air, tafsir ini menjadi buku wajib. Anda dapat mengunduh e-booknya dari link-link bawah ini:

Link-01
Link-02
Link-03
Link-04
Link-05
Link-06
Link-07
 

—————————
Referensi:
[1] Abdul Aziz bin Ibrahim bin Qasim (1420 H), Al-Dalil ila al-Mutun al-‘Ilmiyyah. Riyadh: Dar ash-Shumai’i. hlm. 99.
[2] Al-Qaththan, Syaikh Manna’ (2006), Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an (Mabahits fi Ulum al-Qur’an). Penerjemah: H. Aunur Rafiq El-Mazni, Lc. MA. Editor: Abduh Zulfidar Akaha, Lc. & Muhammad Ihsan, Lc. (edisi ke-1). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. hlm. 457.
 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.